Home / Berita Terbaru / Sebanyak 76 mahasiswa PPG Prajabatan T.A. 2021/2022 mengikuti reflektif PPL Siklus 1

Sebanyak 76 mahasiswa PPG Prajabatan T.A. 2021/2022 mengikuti reflektif PPL Siklus 1

Program Studi PPG FKIP UST menyelenggarakan kegiatan Reflektif PPL siklus I pada Sabtu (28/5) secara daring melalui zoom meeting, kegiatan tersebut diikuti sebanyak 76 mahasiswa beserta dosen pembimbing lapangan dan guru pamong.

Kegiatan diawali dengan pembukaan yang secara langsung dibuka oleh Dekan FKIP, Dr. Siti Mariah, M.Pd., hadir dalam pembukaan tersebut Dekan FKIP beserta jajaran wakil dekan, Kaprodi PPG beserta Sekprodi, GMP, dan tim admin, Dosen Pembimbing Lapangan, dan Guru Pamong pembimbing lapangan.

Kaprodi PPG Dr. Heri Maria Zulfiati, M.Pd. mengatakan bahwa kegiatan reflektif ini merupakan salah satu tahapan untuk menjadi guru profesional dan berkarakter sesuai dengan tujuan Prodi PPG UST.

“Untuk kegiatan Refleksi PPL ini akan diikuti oleh 76 Mahasiswa PPG Prajabatan yang terdiri dari 2 Kelas, kegiatan Reflektif PPL bagi mahasiswa merupakan salah satu bagian yang menentukan untuk mewujudkan guru professional yang memiliki kopetensi utuh, berkarakter dan unggul sebagaimana menjadi tujuan dari prodi PPG,” ucapnya.

Dalam kegiatan reflektif ini nantinya akan dibagi sesuai kelompok PPL masing-masing di satu zoom meeting, dalam satu room zoom meeting diisi oleh mahasiswa di kelompoknya, DPL dan Guru pamong, mahasiswa akan mempresentasikan kegiatan PPL sejauh ini dan dipaparkan secara konferensi dihadapan DPL, Guru Pamong dan rekan sejawatnya.

“Nantinya mahasiswa akan bertemu dengan DPL dan GP dalam satu ruang zoom, untuk teknisnya kemarin sudah dijelaskan waktu sosialisasi dan juga sudah dapat dibaca pada tata tertib yang sudah dishare di WA Grup,” tutup Dr. Heri Maria Zulfiati, M.Pd.

Sedangkan Dekan FKIP UST, Dr. Siti Mariah M.Pd., dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan reflektif ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan di PPL yang harus diikuti oleh mahasiswa dan dilaksanakan sebaik-baiknya.

ia juga mengatakan agar mahasiswa memahami dan melaksanakan tata tertib yang berlaku serta etika pada saat pelaksanaan reflektif dijaga, dan juga yang terpenting mahasiswa wajib on camera pada saat acara berlangsung.

“Reflektif merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh guru, tujuannya untuk peningkatkan berkelanjutan jadi setiap setiap tahapan pelaksanaan mohon tidak normatif,” terangnya.

Dr. Siti Mariah, M.Pd. juga berpesan agar mahasiswa dalam mempresentasikan kegiatan reflektif benar-benar yang mereka rasakan, mereka lihat, dan mereka dengar di lingkungan sekolah, sehingga setelah kegiatan reflektif ini ada perbaikan kedepannya.

“Refleksi itu benar-benar apa yang kita lihat, dengar, rasakan di lingkungan sekolah harus dituangkan, sebagai pemantik untuk kita semua sebagai peningkatan selanjutnya. Apalagi saat ini untuk maslaah teknis yang mana akan dihadapkan oleh kendala jaringan dan lainnya,” pungkasnya.

Andi, (29/05/2022)

Check Also

INFORMASI KONFIRMASI KESEDIAAN DAN PERSYARATAN LAPOR DIRI PPG DALJAB KATEGORI II TAHUN 2022

Kami informasikan bagi calon mahasiswa PPG Dalam Jabatan Kategori II tahun 2022, tahapan konfirmasi kesediaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *