Home / Berita Terbaru / PPG UST SELENGGARAKAN WORKSHOP INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS AJARAN TAMANSISWA

PPG UST SELENGGARAKAN WORKSHOP INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS AJARAN TAMANSISWA

PPG UST Yogyakarta, 22 Februari 2023 selenggarakan Wokshop “Inovasi Pembelajaran Berbasis Ajaran Tamansiswa”.

Workshop dilaksanakan secara luring di Grand Keisha Hotel Yogyakarta. Workshop menghadirkan narasumber Dr. Hajar Pamadi, M.A. (Hons) dan dihadiri oleh Wakil Rektor I, Dr. Imam Ghozali, M.Sc., Dekan FKIP UST. Dr. Siti Mariah, M.Pd., Kaprodi PPH UST, Dr. Heri Maria Zulfiati, M.Pd., dan para dosen di lingkungan PPG UST.

Heri Maria, Kaprodi PPG menyampaikan bahwa inovasi pembelajaran berbasis ajaran Tamansiswa merupakan mata kuliah yang menjadi penciri Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

“PPG UST menawarkan mata kuliah elektif sesuai dengan penciri Tamansiswa, yaitu Pembelajaran Inovatif Berbasis Ajaran Tamansiswa,” papar Heri Maria.

Sudah sejak awal PPG ingin menghadirkan narasumber untuk memberi pencerahan mengenai pembelajaran inovatif berbasis ajaran Tamansiswa.

Imam Ghozali, Wakil Rektor I bidang akademik menyampaikan bahwa PPG berjuang untuk menyiapkan mahasiswa menjadi guru profesional. Dengan demikian memiliki tanggung jawab untuk membekali mahasiswa dengan berbagai pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang mencerminkan profesionalitas para lulusannya.

Dr. Imam Ghozali, M.Sc. saat memberi sambutan dalam acara Workshop Inovasi Pembelajaran berbasi Ajaran Tamansiswa

“Kita menyiapkan materi pembelajaran bagi para mahasiswa agar mereka dapat belajar dan menginternalisasi konsep secara nyaman,” ujar Ghozali. Kenyamanan menjadi salah satu imperatif untuk direalisasi agar para mahasiswa mendapat pengalaman belajar yang berkualitas.

“Konsep dan teori pembelajaran terus berkembang sejalan dengan tuntutan zaman,” jelas Ghozali.

Perkembangan tersebut memerlukan adaptasi secara terus-menerus yang diperoleh secara mandiri.

Rekonseptualisasi Ajaran Tamansiswa

            Hajar Pamadi termasuk tim pembina BMPTS. Dalam beberapa kesempatan disampaikan bahwa memiliki perhatian terhadap ajaran-ajaran Ki Hadjar Dewantara. Dalam pandangan Hajar Pamadi, ajaran Tamansiswa perlu direkonseptualisasi agar sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman.

Dr. Hajar Pamadhi, M.A(Hons) saat memberikan paparan mengenai Implemetasi ajaran tamansiswa

Dalam kaitannya dengan mengembangkan ciri khas pendidikan di Yogyakarta, atau pendidikan ke-Jogja-an, ia menyampaikan bahwa 80% mengambil dari ajaran Ki Hadjar Dewantara.

            “Ajaran Tamansiswa perlu direkonseptualisasi. Oleh karena itu, UST dipandang perlu memiliki lembaga atau pusat studi Ketamansiswaan,” jelas Hajar Pamadi.

Dalam kesempatan ini ia merasa senang dapat berbagi pengetahuan dan menyampaikan ajakan untuk mengimplementasikan ajaran Tamansiswa.

Selanjutnya, Hajar Pamadi berharap agar lembaga studi yang akan didirikan di UST menjadi innovator dan kreator untuk menggali, mengembangkan, dan menyosialisasikan ajaran Tamansiswa kepada masyarakat, mengingat kehadirannya dirindukan oleh sebagian besar masyarakat utamanya para pemertati pendidikan di Indonesia (Tim PPG).

Check Also

Pengumuman Pembukaan Pendaftaran PPG Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2024

1643_Surat-Pengumuman-PPG-Prajabatan-Tahun-2024_04042-1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *