Home / Berita Terbaru / PPG UST Menyelenggarakan Rapat Evaluasi Pelaksanaan PPG Prajabatan T.A. 2021/22

PPG UST Menyelenggarakan Rapat Evaluasi Pelaksanaan PPG Prajabatan T.A. 2021/22

Bertempat di Ruang 104 Gedung PGSD FKIP UST Jumat (27/5), Prodi PPG UST menyelenggarakan Rapat Evaluasi Pelaksanaan PPG Prajabatan tahun akademik 2021/22, hadir dalam acara tersebut Rektor UST Prof. Pardimin, M.Pd. Ph.D. beserta jajaran Wakil Rektor, Dekan FKIP beserta jajaran, Kaprodi PPG beserta tim PPG.

“Untuk PPG Prajabatan ini hendaknya tidak hanya bagus diperencanaan saja tapi di pelaksanaan juga harus dilaksanakan dengan baik, evaluasi ini bukan dalam rangka mencari kesalahan orang lain, evaluasi dalam rangka memperbaiki, karena merupakan kerja tim,” kata Rektor UST, Prof. Pardimin, M.Pd., Ph.D.

Rektor UST berharap prosentase kelulusan mahasiswa PPG kedepannya meningkat seiring dengan peminat PPG Prajabatan yang tinggi. “Dalam evaluasi harus memiliki target, Hasil harus bagus, bagaimanapun caranya misalnya prosentase kelulusan baik itu yang Dalam Jabatan maupun Prajabatan”, terangnya.

Dalam kegiatan tersebut hadir juga Perwakilan dari Guru Pamong sekolah mitra, Dosen Pembimbing Lapangan serta Ketua SPM FKIP UST.

Kaprodi PPG mengatakan acara tersebut diselenggarakan guna mengevaluasi tahapan PPG Prajabatan yang sudah berjalan diantaranya tahap pendalaman materi, perancangan pembelajaran inovatif, uji komprehensif, serta praktik pembelajaran inovatif siklus 1.

Dekan FKIP, Dr. Siti Mariah, M.Pd., berharap pada acara evaluasi ini harus ada tindak lanjutnya, ia memberi contoh pada saat uji komprehensif mahasiswa kurang mempersiapkan materi untuk ujian sehingga hasilnya kurang memuaskan. “Waktu uji komprehensif dari mahasiswa kurang dari sikap, tanggung jawab dan agak menurun dari sebelumnya, mahasiswa tidak terlalu mempersiapkan,” ujar Dekan FKIP.

Salah satu perwakilan dari Guru Pamong, Yustina Pertiwi D., S.Pd. mengatakan sejauh ini pelaksanaan PPL di sekolah sudah bagus namun ada beberapa catatan terutama dalam keaktifan mahasiswa. “Untuk komunikasi dengan mahasiswa hanya bisa dilakukan disekolah jadi meminta untuk ada jadwal piket setiap harinya, agar kami dari pihak sekolahan bisa meningkatkan komunikasi dan melihat keaktifan mahasiswa,” katanya.

ia juga mengatakan bahwa tidak hanya berkomunikasi dengan mahasiswa saja namun dengan dosen pembimbing lapangan juga harus intensif.

Sedangkan salah satu perwakilan Dosen Pembimbing Lapangan, Siti Anafiah, M.Pd. mengatakan bahwa kendala pada saat PPL beragam diantaranya kesibukan mahasiswa di sekolah asal membuat minimnya pertemuan dengan DPL.

“Sebagian mahasiswa ada yg diterima program P3K sehingga banyak yg sibuk di sekolah asalnya masing-masing, jadi kami hanya bisa bertemu maupun berkomunikasi di WA Grup dan Zoom Meeting pada saat siang hari” ujarnya.

Andi, (28/05/2022)

Check Also

INFORMASI KONFIRMASI KESEDIAAN DAN PERSYARATAN LAPOR DIRI PPG DALJAB KATEGORI II TAHUN 2022

Kami informasikan bagi calon mahasiswa PPG Dalam Jabatan Kategori II tahun 2022, tahapan konfirmasi kesediaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *