Home / Berita Terbaru / DIIKUTI SEBANYAK 210 MAHASISWA, PRODI PPG FKIP UST ADAKAN ORIENTASI AKADEMIK PPG DALJAB KATEGORI I TAHUN 2022

DIIKUTI SEBANYAK 210 MAHASISWA, PRODI PPG FKIP UST ADAKAN ORIENTASI AKADEMIK PPG DALJAB KATEGORI I TAHUN 2022

Senin, 18 Juli 2022, Prodi PPG menyelenggarakan “Orientasi Akademik” bagi para mahasiswa peserta PPG Dalam Jabatan Kategori I Tahun 2022. Mengawali laporannya, Kaprodi PPG Dr. Heri Maria Zulfiati, M.Pd. berseloroh bahwa PPG dimaknai ‘pulang pergi gembira’. Hal itu digunakan untuk menyemangati dan menyugesti agar para mahasiswa peserta PPG menjalani masa pendidikan untuk menyelesaikan paket 12 SKS selama 2 minggu ini dengan hari yang gembira.

“ibu dan bapak perlu gembira, karena terpilih dan mendapat kesempatan mengikuti PPG,” ungkap Heri Maria. Pernguataan tersebut memang benar karena banyak guru yang masih berada pada daftar tunggu untuk mendapat kesempatan mengikuti PPG.

Kaprodi menyampaikan harapan agar mahasiswa yang masuk sebanyak 210 dan akan menempuh 12 SKS, nanti juga selesai dalam jumlah yang sama. PPG Angkatan ini diikuti 4 bidang studi, yaitu Pendidikan Seni rupa, Matematika, Bahasa Inggris, dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Sebaran wilayah para mahasiswa berasal dari Jakarta sampai Papua Barat. Rangkaian kegiatan hari ini adalah laporan ketua penyelenggara PPG, sambutan rektor, dan kuliah umum ketamansiswaan yang menjadi penciri dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Kuliah umum disampaikan Dr. Yuli Prihatni, M.Pd. bertema “Peningkatan Kompetensi Guru Profesional Berbasis Kartakter sesuai Ajaran Tamansiswa di Era Merdeka Belajar”.

Rektor UST menyambut baik pelaksanaan Orientasi Akademik ini. Semoga semua dapat berlangsung lancar dan dipastikan tidak ada gangguan teknis, utamanya jaringan internet. “Mahasiswa yang hadir 210, semoga yang selesai juga sejumlah itu atau semua lulus dengan baik,” harapnya.  Saat ini Tamansiswa sudah berusia satu abad. Semoga dalam usia tersebut, Tamansiswa berkontribusi dalam menguatkan nilai kebangsaan, karakter bangsa, dan budi pekerti luhur yang menjadikan Indonesia menjadi negara yang unggul. Ki Hadjar Dewantara lahir 3 Juli 1889 dan tanggal tersebut ditetapkan oleh pemerintah sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Kuliah Umum

                Setelah acara dibuka oleh Rektor UST, Prof. Drs. H. Pardimin, M.Pd., Ph.D, acara dilanjutkan dengan kuliah umum yang disampaikan oleh Dr. Yuli Prihatni, M.Pd. Dalam paparannya Yuli menyampaikan ajaran-ajaran Ki Hadjar Dewantara, yang kemudian lazim disebut dengan ajaran Tamansiswa.

Pandangan Ki Hadjar Dewantara disampaikan dalam bentuk ajaran, pedoman operasional, fatwa, dan nasihat atau semboyan. Ajaran-ajaran yang disampaikan terus dikaji, dikembangkan, dan diimplementasikan dalam praktik pendidikan di Indonesia. Semboyan Tut Wuri Handayani‘dari belakang memberi dorongan dan kekuatan’ bahkan digunakan sebagai logo dan semboyan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Tut wuri handayani diimplementasikan dalam praktik pendidikan dengan menerapkan sistem among.  Konsep pendidikan jiwa merdeka juga sejalan dengan yang saat ini dilaksanakan oleh pemerintah melalui program “Merdeka Belajar Kampus Merdeka”. Pandangan mengenai trisakti jiwa, yaitu ing ngarsa sung tuladha, ing masya mangun karsa, tut wuri handayani dalam perkembangannya juga dimaknai sebagai trilogi kepemimpinan.

Ajaran atau pedoman operasional, niteni ‘menandai dengan keseluruhan pancaindera’, niroke ‘menirukan’, nambahi ‘menambah’ mencipta, mendesain, dengan cara memberi kesempatan anak  didik berani mencoba dan berbeda dengan yang lain. Ki Hadjar juga menekankan pentingnya pendidikan budi pekerti.

Budi pekerti dimaknai sebagai bulatnya jiwa, yaitu jiwa berasaskan kebatinan. Dalam pandangan ini, dinamika pikiran perasaan, kemauan, dan pekerti menjadi tenaga penggerak manusia.

Di lingkungan Tamansiswa juga berlaku semboyan tripantangan ‘tiga pantangan”, yaitu pantang menyalahgunakan kekuasaan, keuangan, dan melanggar kesusilaan. Oleh karena itu, orang yang melanggar ketiga pantangan tersebut menerima sanksi berat.

Di tengah kehidupan yang penuh persaingan dan kontestasi, Tamansiswa telah memikirkan dan menerapkan prinsip hidup kooperatif, konsultatif, dan kolaboratif. Ketiganya menempatkan sesama sebagai mitra dan bukan pesaing. Sebagai mitra, relasi bersifat kooperatif, konsultatif, dan kolaboratif. Nasihat lainnya yang disampaikan dalam bentuk semboyan adalah kendel, bandel, kandel ‘pemberani, tangguh, dan percaya’ diperlukan dalam praktik kehidupan sehari-hari di masyarakat. 

Fenomena pandemi Covid-19 mengubah tatanan kehidupan umat manusia di seluruh muka bumi. Kehidupan bersama menjadi ruang praktik dan laboratorium kehidupan untuk mempraktikkan kehidupan yang adaptatif dengan zaman dengan tetap mengutamakan kodrat alam. Pembelajaran yang disampaikan secara daring memaksa pendidik dan peserta didik menguasai media jamak.

Kebijakan PPG

Kebijakan PPG dalam Jabatan Kategori I tahun 2022 disampaikan oleh Heri Maria. “Ibu, Bapak ini mendapatkan keistimewaan karena dapat mengikuti PPG saat ini,” ujarnya. PPG dalam jabatan kategori I tahun 2022 ini diperuntukkan bagi Ibu Bapak yang TMT-nya sebelum tahun 2016 dengan mengikuti perkuliahan berbobot 12 SKS.

Sistem perkuliahan dan kurikulum PPG disampaikan oleh Bapak Setuju, M.Pd. Dikatakan bahwa perkuliahan diselenggarakan melalui Video Conference, LMS, Sincronus, dan asincronus. Masing-masing Vicon selama 3 Jp x 50 menit= 150 menit. Kegiatan lainnya dikerjakan melalui LMS. Ada Lembar Kerja yang harus diunggah sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

Jumlah jam perkuliahan ada yang 6 dan ada pula yang 7 JP. Untuk menyiapkan mahasiswa mengikuti perkuliahan, bimbingan teknis LMS PPG disampaikan oleh Irham Taufiq, M.Sc. Ditekankan kembali perlunya mahasiswa memastikan memiliki kuota dan jaringan internet yang mencukupi, agar dapat mengikuti proses perkulian dengan baik, aman, dan lancar. Selain itu, setiap tahap harus dilalui semua dan tuntas, karena menjadi prasyarat untuk memasuki tahapan selanjutnya (Tim PPG).

Check Also

Informasi Pelaksanaan Lapor Diri Secara Luring PPG Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2022 Prodi PPG UST

Salam dan bahagia, Diinformasikan kepada calon Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2022 yang sudah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *